Minggu, 03 Februari 2013

Apa itu Kamera DSLR ?

Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder. Dalam bahasa yang gampang, DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder adalah lobang kecil dibelakang kamera tempat kita mengintip objek foto.

Perbedaan SLR dan DSLR
Pada kamera SLR tidak terdapat pengaturan ISO, hal ini karena pengaturan ISO telah ditentukan secara otomatis oleh casing film. Sistem elektroniknya hanya berfungsi untuk pengaturan komposisi foto otomatis (aperture, shutter speed). Penyimpanan data pada kamera SLR menggunakan film 35mm (analog / roll film). Jika ingin memproses foto atau mencetak gambarnya, maka gulungan film tersebut yang akan dibawa ke tempat pencetak foto untuk di cetak atau di scan.

Berbeda dengan SLR, DSLR media penyimpanan datanya adalah sebuah Memory Card. Jadi jika ingin mengedit atau mencetak foto, maka tinggal copy foto dari Memory Card ke komputer dan tinggal print saja. DSLR ini bekerja dengan sistem digital mulai saat capture obyek foto oleh Sensor hingga peletakan pada media penyimpanan seperti memory card. Oleh karena itu pada Kamera DSLR terdapat lebih banyak tombol dibanding Kamera SLR. Tombol-tombolnya seperti pilihan ISO, White Balance, Preset Scenes, Resolusi dan lainnya.
Comments
0 Comments