Senin, 21 Oktober 2013

Sekilas PhoneGap : Membuat Aplikasi Mobile Cross-platform Jadi Lebih Mudah

Membangun aplikasi perangkat iPhone, Android, Windows Phone dan Blackberry dsb membutuhkan farmework dan bahasa pemograman yang berbeda, seperti membuat aplikasi Android dengan bahasa Java atau membuat aplikasi Windows Phone dengan Bahasa C#. Tentu saja ini akan merepotkan developer karena masing-masing bahasa pemograman mempunyai karakteristik yang berbeda-beda walaupun dengan logika pemograman yang persis sama. PhoneGap memecahkan masalah ini dengan menggunakan teknologi berbasis web  untuk menjembatani aplikasi web dan perangkat mobile. 

PhoneGap adalah sebuah framework open source untuk pengembangan mobile berbasis web. PhoneGap memungkinkan developer untuk menggunakan teknologi web standar seperti HTML5 , CSS3 , dan JavaScript untuk pengembangan aplikasi cross-platform dan menghindari pengembangan aplikasi menggunakan bahasa asli masing-masing platform mobile.

Cara kerja PhoneGap

Developer sebaiknya menggunakan PhoneGap ini jika :

  • Pengembang mobile dan ingin mengembangkan aplikasi di lebih dari satu platform , tanpa harus menggunakan mesing-masing bahasa setiap platform dan tool set.
  • Pengembang mobile yang tertarik dengan pencampuran komponen aplikasi asli dengan tampilan web yang dapat mengakses perangkat tingkat API , atau jika ingin mengembangkan plugin interface antara komponen asli dan WebView (tampilan web).
  • Pengembang web dan ingin menyediakan aplikasi web tersebut untuk di distribusi di berbagai toko aplikasi portal.

Komponen dasar PhoneGap

Aplikasi PhoneGap bergantung pada file config.xml umum yang menyediakan informasi tentang aplikasi dan menentukan parameter yang mempengaruhi cara kerjanya , seperti menanggapi pergeseran orientasi .

Aplikasi itu sendiri diimplementasikan sebagai halaman web , bernama index.html secara default. Untuk menjalankannya dibutuhkan berbagai referensi seperti CSS , JavaScript , gambar , file media , atau sumber daya lain . Aplikasi ini dijalankan sebagai halaman web dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat di distribusikan ke toko-toko aplikasi mobile (Google Play, App Store, Blackberry World dll) . Untuk menjalankannya dibutuhkan referensi file phonegap.js yang menyediakan binding API .PhoneGap menyediakan antarmuka plugin untuk komponen-komponen user interface untuk berkomunikasi satu sama lain.

Fitur-fitur PhoneGap

PhoneGap telah mendukung sebagian besar Sistem Operasi mobile seperti iOS, Android, Blackberry 10, Windows Mobile, WebOS, dan Bada. Berikut tabel fitur-fitur yang di dukung PhoneGap
Tabel fitur-fitur yang didukung PhoneGap


PhoneGap telah didownload lebih dari 1 juta kali dan sedang digunakan oleh lebih dari 400.000 pengembang. Ribuan aplikasi yang dibangun menggunakan PhoneGap yang tersedia di toko-toko aplikasi mobile. 

Kode PhoneGap disumbangkan kepada Apache Software Foundation (ASF) di bawah nama Apache Cordova dan lulus untuk status proyek top-level pada Oktober 2012 Melalui ASF. PhoneGap akan selalu tetap gratis dan open source di bawah Lisensi Apache Versi 2.0.


Source dan selengkapnya www.phonegap.com
Comments
0 Comments

0 komentar: