Selasa, 05 Februari 2013

Arti Kata Debug

Kata-kata debug sering ditemukan oleh pengguna komputer, terutama oleh para programmer yang sedang mengutak-atik program yang dibuatnya. Biasanya kata debug muncul saat adanya kesalahan dalam pembuatan program ataupun kesalahan dalam pengetikan kode-kode program. Tidak sedikit dari programmer pemula yang memahami arti debug walaupun sudah sering menemukannya.

Debug berasal dari kata Bug. Arti bug itu sendiri adalah kutu atau serangga. Asal kata bug itu sendiri berawal pada sekitar bulan September 1945 Garace Murray Hopper sedang bekerja pada komputernya dan tiba-tiba komputer tersebut mengalami masalah. Seteah diselidiki, ternyata ada sesuatu yang aneh pada panel F komputernya dan ternyata itu adalah sebuah serangga kecil / bug. Sampai sekarang istilah Bug masih digunakan dengan arti adalah kesalahan pada komputer baik disebabkan oleh software (perangkat lunak) maupun hardware (perangakt keras) sehingga komputer tidak bekerja sebagaimana semestinya.

Dari pengertian bug diatas, maka dapat diartikan Debug adalah proses penanggulangan bug, artinya proses perbaikan suatu program yang mengalami kerusakan atau jika tidak bisa diperaiki maka komputer akan mematikan otomatis program tersebut.
Comments
0 Comments