Senin, 30 April 2012

Cabut Batrai Laptop, Aman atau Tidak?

Mungkin pernyataan seperti ini sering Anda dengar "Kalau laptop mau dipakai lama, lebih baik buka batrainya, biar batrai gak bocor". Pernyataan tersebut ada benarnya , kalau sering dipakai tentu lama-lama akan berkurang kekuatan batrai tersebut. Tapi tahukah Anda?

"Saat laptop terhubung ke listrik, akan terjadi arus yang naik turun karena tegangan dari listrik itu tidak stabil. Besarnya naik turun itu kadang-kadang drastis dan cepat , jadi tiba-tiba saja tinggi terus rendah secara cepat dan itu bisa mempengaruhi pada motherboardnya , bisa-bisa mesin laptop Anda rusak. Disitulah fungsi baterai sebagai penahan dari arus yang naik turun sehingga arus listrik yang masuk kedalam prosesor dan perangkat lainnya tetap stabil. Biarlah baterai yang bocor daripada laptopnya , karena baterai itu kumpulan kapasitor yang hidupnya itu mempunyai waktu , jadi bagaimanapun hebatnya merawat baterai jika umurnya sudah habis maka baterai akan drop juga. Dan harus diingat bahwa batrai jaman sekarang sudah menggunakan teknologi baru , jika batrai penuh maka akan berhenti mengisi"

Jadi intinya , biarlah batrai laptop anda bocor daripada mesin laptop anda rusak , tapi kalau bisa jangan keduanya. Tetap lah rawat laptop anda sebagaimana mestinya.
Comments
0 Comments

0 komentar: